RSS

Pribadi yang Matang

27 Jan

Sering kali kita mendengar orang berkomentar “kamu belum cukup matang untuk berumah tangga, usiamu masih terlalu muda”, membaca “remaja usia 18 tahun ke bawah merupakan usia yang belum mencapai kematangan psikis”, melihat orang membahas mengenai kematangan kepribadian atau pribadi yang matang. Lalu, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan pribadi yang matang? Untuk mengetahui arti yang utuh, kita merumuskan terlebih dulu arti dari kepribadian.
Kepribadian adalah suatu cerminan dari konsep diri yang akan menentukan bagaimana seseorang itu bersikap dan mengambil keputusan pada suatu masalah yang dihadapinya. Jadi pribadi yang matang bisa diartikan kepribadian yang bisa membawa seseorang pada kebahagiaan, kesuksesan dan manfaat bagi orang lain maupun diri sendiri.
Orang yang sudah dikatakan matang, biasanya memiliki ciri-ciri seperti berikut.
• semangat kalo bekerja;
• menerima kebutuhan sebagai tanggungjawab pribadi;
• bisa memaafkan diri sendiri dan orang lain;
• mampu membuat perencanaan yang baik;
• memperhatikan orang lain sebagai bagian dari dirinya sendiri;
• emosi dan konsep diri yang stabil;
• tenang, logis, dan masuk akal;
• tidak mudah marah berkaitan hal2 sepele;
• mengenali diri sendiri baik kelemahan maupun kelebihan;
• menerima dan melaksanakan tanggung jawab;
• menerima pendapat dari orang lain dengan baik.
Nah, trus manfaat punya kepribadian yang matang tuh apa ya??begini…kan dengan sudah matangnya pribadi berarti seseorang bisa mensikapi segala masalah yang dialaminya, dalam arti pribadi yang matang mempengaruhi kita dalam bersikap. Kita hidup berdampingan dengan orang lain di hidup ini, tidak mungkin kita punya 1 karakter yang sama, justru karakter kita sangat beragam..ada yang punya tempramen sanguins, phlegma, koleris, melankolis..dari perbedaan itulah kita tidak mungkin terlepas dari rasa marah, jengkel, kesal dan sebagainya, maka pribadi yang matang sangatlah bermanfaat.sip!
Sejenak mengingat aliran-aliran teori kepribadian..ada 4, nativisme (kepribadian terbentuk dari bakat atau sifat bawaan leluhur saja), empirisme (kepribadian terbentuk dipengaruhi oleh lingkungan saja), konvergensi (kepribadian dipengaruhi oleh sifat bawaan dan lingkungan) dan yang terakhir yaitu interaksi (kepribadian terbentuk dari hasil interaksi antara sifat bawaan dan lingkungan). Kaitan antara aliran2 ini dengan kematangan kepribadian apa??he2. Maksud saia, kematangan kepribadian tidak mungkin terbentuk begitu saja, seperti halnya kepribadian, semua butuh proses. Dibentuk oleh temperamen atau sifat dan lingkungan yang terus-menerus dan saling mempengaruhi. Itulah sebabnya banyak orang menganggap orang yang matang ialah yang sudah mengalami banyak makan asam garam hidup, banyak melalui pengalaman pahit manisnya hidup, dari situ orang belajar menjadi pribadi yang matang.
Berawal dari kebutuhan dasar masa kanak-kanak antara lain, kepuasan fisik, rasa aman, harga diri, cinta kasih dan aktualisasi diri. Terus menerus berlangsung sesuai tahapan usia tugas perkembangannya. Sehingga ketika dewasa orang tersebut tumbuh menjadi pribadi yang matang. Hal lain yang menjadi faktor penting dalam perkembangan seseorang ialah kasih sayang dan perhatian orang tua, lingkungan rumah dan pergaulan, misalnya perkuliahan. Kepribadian bersifat dinamis, jadi yang kurang bagus bisa diperbaiki, yang sudah baik bisa didukung supaya semakin jadi lebih baik.
Kalo kamu punya pribadi yang kurang baik, ada beberapa hal yang harus kamu penuhi, di antaranya adalah:
• menyadari bahwa dirinya punya kepribadian yang kurang bagus;
• baca buku atau tulisan tentang kepribadian;
• menentukan langkah2 yang mendorong ke arah yang lebih positif;
• yang terpenting punya niat dan kemauan untukberubah menjadi lebih baik.
Buat kali ini cukup ni dulu ya,, semoga bermanfaat.
Sumber: baca2 buku kepribadian,he2.

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 27, 2010 in psychology

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: