RSS

Peluang Kerja bagi Lulusan Psikologi

28 Jan

Kebanyakan orang kalo ditanya habis kuliah mau apa, pasti jawabannya cari kerja, karena kalo kita berpikir realistis bahwa hidup itu penuh dengan kebutuhan dan sebagian besar kebutuhan fisik dapat terpenuhi bila punya penghasilan.

Trus kalo kayak aku calon lulusan psikologi besok kerjanya apa ya..itu yang jadi pertanyaan di kepalaku ketika aku masih semester 1. Dulu, aku cuma berpikir ya jadi psikolog, udah.

Beberapa waktu yang lalu temenku (sekarang kelas 3 SMA), dia tuh pengen banget kuliah di psikologi tapi ortunya gak setuju. Ortunya bilang, “mau jadi apa kamu kalo kuliah di psikologi, cari kerja susah, peluang kerja sedikit”. Ada lagi sewaktu aku berbincang-bincang dengan ibu, curhat2an gitu, trus terceletuk, “tuh anak temen2nya ibu, lulusan psikologi banyak, masih nganggur semua”. He2.

Nah, dari apa yang sudah aku critain di atas, mungkin terbersit di hatimu, lha trus gimana dong?padahal aku dah berencana masuk psikologi?atau waduh, aku udah terlanjur kuliah di psikologi udah semester atas lagi..!!!

Eits, jangan bergundah gulana dulu..

Perlu diketahui..psikologi tuh peluang kerjanya gedhe lho..

Percaya gak? Harus!he2.

Mungkin orang awam punya anggapan demikian karena belum banyak orang tau apa itu psikologi, siapa itu psikolog, apa peran psikolog dan sebagainya. Itu salah satu alasan orang2 berkata seperti yang di atas.

Dunia berputar, hidup pun demikian, manusia berkembang, sama halnya dengan ilmu. Dengan berjalannya waktu, psikologi semakin dikenal di Indonesia dan diakui keberadaannya. Contohnya, Kak Seto seorang pemerhati anak, beliau seorang psikolog, dan sekarang sedang banyak bermunculan masalah tentang perkembangan anak dan masih banyak lagi. Kasus-kasus perceraian, perkawinan, KDRT, mundurnya kualitas moral, perkembangan remaja, penyimpangan sikap dan kepribadian, semua membutuhkan peran seorang psikolog. Ilmu psikologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku dan pikiran manusia sehingga dapat disimpulkan bahwa selama masih ada tingkah laku manusia, psikologi gak ada matinya,he2..sebab objek psikologi adalah manusia itu sendiri.

Waktu ada penerimaan PNS tahun 2009 lalu, di Provinsi Jateng membutuhkan Psikolog Klinis dan assesor. Hal itu menambah pengetahuanku kalo emang psikolog memang dibutuhkan.

Bagi kamu yang demen sama hal-hal yang berbau klinis bisa jadi psikolog klinis, bekerja di rumah sakit umum maupun jiwa. Sedangkan yang suka bekerja di industri bisa jadi HRD atau bagian personalia, ingat bahwa tiap industri membutuhkan posisi itu. Nah, yang pengen jadi dosen bisa juga lho..sekarang banyak universitas yang membuka fakultas atau prodi psikologi, hal ini semakin memperjelas bahwa profesi psikolog memang sangat dibutuhkan! Yang lain misalnya jadi konselor di berbagai bidang seperti agama, olahraga, perkawinan. Psikolog juga bisa jadi terapis, membuka jasa2 psikologi, bahkan kuliah di psikologi tuh bisa dagang,hehe…kan dapet makul psiko konsumen,hehe..Ada juga yang jadi pekerja sosial atau psikolog yang fokus di bidang musik, perkembangan anak, psikogeratri, kelompok dan massa, jadi psikolog di bidang hukum, forensik,di suatu komunitas, banyak deh pokoknya.

Memang gak kayak di luar negri, di Indonesia belum terlalu tampak perkembangan yang signifikan. Kalo di luar negri tuh dah banyak kongres-kongres internasional yang mengupas tentang kasus maupun ilmu psikologi, salah satunya di Ausie. Banyak bahasan mengenai psikologi, klo di luar negri rasanya udah mendarah daging, kayak di film pendek Mr. Bean’s Plant Man disitu reporternya juga ngomong tentang hal2 psikologis,he2.

Jadi, gak usah ragu lagi..optimis aja..dengan berbagai ilmu yang kita dapet di psikologi yang sangat amat aplikatif juga membantu kita jadi lebih dewasa, buktinya?saya!he2. Banyak kok yang bisa kita dapatkan, seperti pemecahan masalah, pengambilan keputusan, kepribadian, persepsi, agresi, pendidikan, perkembangan sesuai usia, kasus homoseksual, alter ego, fedofil, stress, depresi, skizofrenia, negosiasi, win-win solution dan masih banyak lagi.

Kalo masih ada temen, saudara, atau mungkin ortu yang meragukan kamu masuk psikologi, sekarang bisa kamu jelaskan bukan?

Bagi kita2 yang udah kuliah di psikologi, bagian kita adalah kuliah serius, bangun relasi, temukan ide2 baru, penemuan2 yang yahud, sumbangkan prestasi supaya psikologi Indonesia semakin maju n go internasional, wuih!

Caranya ya rajin2 diskusi, tukar pikiran, baca buku (sekarang banyak buku tentang psikologi yang sip2 misalnya psikologi populer), ikut pekan ilmiah trus menang PIMNAS,he2..

Akhir kata, gak ada alasan buat ragu..jangan menyerah..tunjukkan kita hebat!

Psikologi, go…go…go!!!!

 
67 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 28, 2010 in psychology

 

Tag: , , , , , ,

67 responses to “Peluang Kerja bagi Lulusan Psikologi

  1. bandoro

    Februari 2, 2010 at 10:05 am

    yayaya,,,hmmm, kenapa mr.bean juga masuk dalam nominasi film ber”psikologi” mbak???coba liat Evan Almighty,Bruce almighty, Slumdogmilionaire,Constantine,Bee movie, 300, Quanum of solace, Iron man, Spiderman 1,2,3, pursuit of happines, pirates caribean,….wkwk.

    SEMANGAT BER “WORDPRESS”…
    tunjukkan pada dunia bahwa apa yang kamu tuliskan SANGAT BERGUNA BAGI KELANGSUNGAN HIDUP UMAT MANUSIA.

    PSIKOLOGI GO…GO….
    EKONOMI GO…GO….
    BIOPI GO….GO….

     
    • bersukacitalah

      Februari 2, 2010 at 10:10 am

      auwah..cin…kulakan pilm po koe?? tambah neh…paranormal activity..wkwk.
      sttt…medeni.
      okei…saling mendukung.
      saling melengkapi.
      saling mengejek satu sama lain,wkwkw…ojo.
      btambah2 gayeng yaa.
      1 lagi…hidup ndorpred!!

       
      • bandoro

        Februari 2, 2010 at 10:14 am

        ouukeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeehhhhhhhhhhhhhhh……..hehehe.
        hidup ndor preeeeed!!!!!!!!!!!!!!!!

         
  2. bunga kematian

    Juli 16, 2010 at 2:43 pm

    preeeeeeeeeetttttttt

     
    • bersukacitalah

      Agustus 24, 2010 at 5:47 am

      hoeeeeeeiiiii..kok preeeeeeeeeeeeetttttttttttttt?????????????? :l

       
  3. apoy

    Juli 7, 2011 at 9:27 am

    mantap 100% niat saya udah gak berubah

     
  4. fikar

    Maret 2, 2012 at 5:09 pm

    aku semakin yakin gak bakalan ragu lagi
    psikologi pasti ajib…..dah

     
  5. Diyas R Susilowati (@rsdiyas)

    April 26, 2012 at 4:27 am

    yeyeeye…maju terus psikologi (y)

     
  6. virs

    Juni 16, 2012 at 4:08 pm

    matakuliah yang menarik, what do you think guys ? :D salam kenal

     
  7. Ulfah Istiqomah Rosadi

    Agustus 7, 2012 at 3:23 pm

    Alhmdulillh maksih mba atas pncerahan y :) salam smangat untk semuaaaa….

     
  8. tirana

    Agustus 10, 2012 at 6:37 am

    y :D

     
  9. Shasha

    Agustus 17, 2012 at 3:15 pm

    alhamdulillah bermanfaat bgt.. :)
    trimakasih… Go go go Fighting :D

     
  10. mufarihah

    Agustus 24, 2012 at 8:48 am

    menambah semangat bljr d psikologi :) tolong bsa djelaskan nggak klo misal lulusan psikologi klinis s1 nantinya bsa lngsung kerja gak? bkerja sbg apa dan dmana sja? terimakasih..

     
    • nata hendriati

      Oktober 22, 2012 at 5:49 am

      bagaimana dengan lulusan s1 psikologi anak ? dimana saya akan bekerja ? apakah dengan membuka pelayanan jasa sendiri ? bagaimana caranya ?

      salam kenal :)

       
  11. zha

    Agustus 27, 2012 at 1:37 pm

    siphh .. psikologii hrs mju… lanjutt

     
  12. Mzalim Maka Takkan Abadilah

    September 12, 2012 at 1:50 am

    hm,. minggu kemarin saya dapat tugas dari bu Gamma (dosen Psikologi Umum) untuk menuliskan apa yang anda targetkan satu tahun setelah anda menjadi Sarjana Psikologi, 5 tahun setelah menjadi sarjana psikologi, dan 10 tahun pertama menjadi sarjana Psikologi. Nah pertanyaan inilah yang menjadikan saya ‘galau’. Saya tidak tau apa yang saya lakukan di tahun-tahun tersebut. Soalnya saya masuk di jurusan psikologi ini juga karena disarankan + keinginan saya (walaupun keinginan itu sedikit). Saya bingung mau memberikan penjelasan apa pada tugas saya ini. Saya masuk di jurusan psikologi ini tujuannya adalah saya ingin berani berbicara di depan umum (istilahnya itu have a good teller) juga mau membenahi jiwa saya. Karena saya merasa diri saya yang dilihat banyak orang itu adalah bukan saya. Saya yang asli ada di baliknya. Jadi selama ini orang-orang yang mengenal saya itu bukanlah diri saya yang sesungguhnya. Tentunya itu sangat berat untuk saya lakoni. SAya pengen menjadi diri saya sendiri. SAya pengen diri saya yang sesungguhnya yang ada di luar sana. Buakn seribu topeng yang selalu menggelandoti hari-hari saya. Saya pengen dari jurusan yang saya pilih ini benar-benar bisa membuat saya ‘all out’.
    Jadi gmn ini tugas saya? apa yang harus saya tulis?

     
  13. Putri Uye

    September 15, 2012 at 2:44 pm

    woww psikologi keren bgt, saya mau msuk jurusan psikologi do’akan yang terbaik yaa, semoga saya tahun depan bisa kuliah di jurusan psikologi, hehehe :)

     
  14. Muttaqin Aje

    September 24, 2012 at 2:14 pm

    taqin harus smngat y,,, semangat, semanat

     
  15. more

    Oktober 3, 2012 at 6:13 pm

    Great beat ! I would like to apprentice while you amend your website, how can i subscribe for
    a blog site? The account helped me a acceptable
    deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast provided bright clear concept

     
  16. esa indra

    Oktober 23, 2012 at 8:35 am

    dicari lulusan psikologi fresh graduate / esaindra@ymail.com

     
  17. gita

    November 30, 2012 at 3:04 pm

    banyak orang yang mengatakan bahwa psikologi itu pekerjaannya yang sangat aneh..
    mereka hanya tahu bahwa psikologi itu pekerjaan nya yang tidak normal…
    mereka salah besar….
    psikologi top…

     
  18. pri widya ningsih

    Desember 11, 2012 at 12:54 pm

    tapi masih ragu juga :(

     
  19. Gina Aisyah

    Desember 28, 2012 at 4:18 pm

    aku mau masuk psikologi tahun depan, mau tanya kalo psikologi bisa gak masuk di kehakiman, misalnya jadi jaksa yang menyelidik pernyataan2 tersangka. kan tiap kata yg dikeluarkan bisa dinilai dengan psikologi. atau memang harus masuk ke hukum? .____.

     
    • indahdeer

      Maret 2, 2013 at 2:44 am

      Ambil kriminologi aja klo gitu :-) biar kmu bsa bljr lbh lngkp

       
  20. Naima Khairunisa

    Januari 7, 2013 at 9:04 am

    kalau psikologi pendidikan prospek kerjanya gimana? terus belajarnya apa aja Kak? Saya galau berat nih. mau ngambil jurusan psikologi pendidikan di UM tapi saya masih agak ragu. Terimakasih.

     
  21. diana

    Januari 19, 2013 at 7:37 am

    hem yang di atas itu mirip banget ma yg sekarang w jalanin..
    bimbang ma perkataan yang simpang siur…hahahaah.
    thank yah

     
  22. nauviia ayou khendoery season II

    Maret 31, 2013 at 9:48 am

    yaaa udahh dech lulus SMA nantii jdii dechh masuuk psikologi !!!!
    go,, go,, go,,

     
  23. Murni hany

    April 8, 2013 at 10:29 pm

    Ka,,, insya allah aq masuk psikolog bln september… Tpi aq msih bingung ka?? Aq mw masuk psikolg sosial,,, cuman yg sekira2 sya pelajari itu apa sih ka?? Mnta jwaban nya ya…
    Makasih…

     
    • OLAND

      Juli 9, 2013 at 4:34 pm

      udah masuk mbak??
      masuk Univ. manae??

       
  24. zhullfikar

    April 25, 2013 at 10:03 am

    ka’ saya juga sangat tertarik dengan dunia psikolog bahkan sakarang z masih kelas 2 sma tapi da cari banyak info tentang itu. tekat saya da bulat ingin disana ka’ tp masih slalu saja ada bisikan ” peluangx apa nanti? z tauka bahwa peluangx itu banyak,,,,, tapi yang jd masaalah didaerah z jeneponto sepertinya kurang yang membutuhkan atau cuman saya yang tidak tau. makanx kadang bimbang tapi sebenarx saya ingin sekali berada di kalangan psikolok

     
  25. sugispsi

    Mei 16, 2013 at 11:03 am

    psikologi is my live

     
  26. Okeu Yudipratomo

    Mei 17, 2013 at 2:25 pm

    mau nanya dong, lulusan S1 psikologi itu bisa langsung kerja ga? tanpa harus S2 langsung. masih bingung nih.. kalo bisa, peluang kerjanya apa aja ya ka?

    terimakasih
    @yudiokeu

     
  27. Joseph Kidung

    Mei 22, 2013 at 4:44 pm

    kalo mikir pekerjaan, asal niat kita masuk psikologi emang bener-bener buat belajar, ntar juga kerjaan gampang, engga bakal jadi beban mental..
    secara lulusan psikologi yang bener harusnya sudah mampu memahami situasi dengan lebih dewasa dan bijaksana :)
    tetap semangat aja.. jangan menyererah dengan penolakan :)

     
    • okeuyudipratomo

      Juli 9, 2013 at 4:53 pm

      alhamdulillah, saya diterima di Fakultas Kedokteran jurusan Psikologi Universitas Udayana bali :’)
      terimakasih buat pencerahannya dari sini ya ka

       
      • Nurasmah wasyifa

        Mei 7, 2014 at 7:07 am

        kak gimana caranya bisa masuk fakultas psikologi saya pengen banget masuk psikologi tahun ini

         
  28. eka

    Mei 30, 2013 at 8:18 am

    tapi orang tauku ga ngedukung kakak.. katanya lapangan pekerjaan ga luasss… :'(

     
  29. arief rahman hakim

    Juli 3, 2013 at 12:13 pm

    misi ka, mau nanya kalo psikologi UNES bagus ga ya?

     
  30. OLAND

    Juli 9, 2013 at 4:27 pm

    aq galau kakak
    aq bimbangg antara PERBANKAN SYARIAH POLINES
    ma PSIKOLOGI UIN YOGYAKARTA
    udah keterima semua
    mohon sarannya

     
    • okeuyudipratomo

      Juli 9, 2013 at 4:58 pm

      it’s refer to your passion :)
      lebih suka kemana, dan memprioritaskan kemana. kalo aku pribadi, aku lebih milih psikologi

       
      • OLAND

        Juli 10, 2013 at 4:48 am

        kalo aq sih di psikolognya kak
        tapi ortu karena orang awam
        adinya meragukan psikolog :/

         
      • OLAND

        Juli 10, 2013 at 4:51 am

        eh kak
        kemaren gimana jadinya?
        S1 bisa langsung kerja kagag??

         
      • okeuyudipratomo

        Juli 14, 2013 at 6:00 am

        lulusan S1 psikologi bisa langsung kerja ko :)
        bisa jadi HRD, staff pengajar juga, dsb

         
  31. dian cahyani

    Juli 17, 2013 at 3:34 am

    mau nanya dong
    kalo psikologi di upi itu bagus engga?
    kata orang tua psikologi itu bukan pekerjaan mencari uang, karena biasanya hanya untuk menilai orang seperti itu? peluang kerja sangat sedikit, yg banyak di pakai hanya lulusan s2 nya saja, dan kalo mau buka praktek di rumah perijinan di indonesia masih sangat sulit untuk itu. bagaimana ya? saya jadi bingung, padahal saya sangat ingin jadi psikolog

     
  32. lina

    Juli 25, 2013 at 2:59 am

    saya mau tnya, thn ni aq mulai masuk kuliah s1 psikolog…..aq sneng2 aja tp orang tua tanya mau jd apa? pdahal aq dah masuk jd binggung msak mau pindah jurusan ngak mgkin kan.

     
  33. sandra susan

    Agustus 13, 2013 at 3:33 pm

    permisi, pernah tau citra yg di masih dunia lain? Itu psikolog juga kan? Tapi spesialisnya apa ya

     
    • irin

      Oktober 10, 2013 at 3:32 am

      kalo gk salah mbk citra it di sebut parapsikolog, kalo mbk citra pernah bilang parapsikolog berbeda dng ilmu psikologi. dlm ilmu psikologi setau saya tidak ada penjurusan untuk bidang parapsikolog. jadi mungkin parapsikolog ilmu yg berdiri sendiri.
      cukup sekian dr saya, saya menjawab sekedar tahu. terima kasih :-)

       
  34. sandra susan

    Agustus 13, 2013 at 3:49 pm

    Oya kan aku uda kelas 12, dan skolahnya di SMK. Sbelum bener2 milih jurusan psikologi aku pengen banyak kenal sama kakak kakak yg udah terjun di bidang ini *lohh
    Apalagi aku skolahnya di smk, kawatir ga ketrima :(
    Aku ga mandang sbelah mata soal lulusan psikologi yang blom dapet kerja, toh yang sukses di bidang ini juga banyak
    Tergantung sama orangnya ,bukan salah ilmunya. Sayangnya uda bnyak yg ngeremehin tanpa liat sisi baiknya,trmasuk ortuku yang ngelarang buat masuk jurusan ini..
    Mohon balasannya ya kakak ,saran ato apapun .terimakasih

     
  35. sesry

    September 2, 2013 at 3:54 pm

    oh ya kak salam kenal
    aku skrng udh kls 12 ,baguusnya ngambil psikologi bagian apa ya?
    terimakasih

     
  36. Erita MM

    Oktober 5, 2013 at 2:21 pm

    kak,,
    kan hasil psikotes aku dianjurkan masuk ke jurusan kedoktean
    nah aku minat ny dipsikologi,,
    bgusny psikologi yg mna ya kak?

     
    • okeuyudipratomo

      Oktober 5, 2013 at 3:33 pm

      kalo masuk psikologi, bisa jadi dokter juga ko (baca: psikiater)
      nanti kalo kamu masuk psikologi, ambil peminatan psikologi klinis, nah itu khusus buat yang pengen jadi psikolog + buat praktek usaha :D

       
      • irin

        Oktober 10, 2013 at 3:27 am

        setau saya kalo mw jadi psikiater it tetep kuliahnya dikedokteran, setelah it baru melanjutkan spesialis kejiwaan. karna psikolog dan psikiater it berbeda

         
      • Nurasmah wasyifa

        Mei 7, 2014 at 7:08 am

        kalau kak sendiri ambil peminatan psikologi apa???

         
  37. irin

    Oktober 10, 2013 at 3:24 am

    mau tanya dong, kalo s1 psikologi mw ngelamar kerja di rumah sakit, itu di bagian apa ya?

     
  38. rizkia

    Januari 3, 2014 at 4:50 pm

    wihh!kece banget emang…..

     
  39. ade sitoruus

    Januari 11, 2014 at 3:10 am

    aku kelas 3 aliyah, pengen bnget ambil jurusan psikologi,
    tapi itu dia, kalo kata ortu peluang kerjanya susah…
    jadi gimana donk

     
  40. Ade Al Khairun Habibie

    Januari 11, 2014 at 3:18 am

    bisa gak kalo alumni psikologi kerja di rumah sakit jiwa..??

     
  41. karom

    Januari 16, 2014 at 3:43 am

    ye..ye.eeee…..hidup psikologi! all is well….

     
  42. yuni zahara

    Januari 28, 2014 at 12:29 am

    Mau nanyak emangnya syarat masuk fak psikologi apa aja ya?

     
  43. dyahwahyulestari

    Februari 12, 2014 at 11:56 am

    saya SMA kelas 3 di jurusan IPA, tapi saya sangat tertarik di jurusan psikologi.. katanya harus ikut SBMPTN karena ini menyangkut pindah jurusan. bener gak sich? kalo emang iya, apa ujiannya juga mengerjakan soal-soal pelajaran IPS?

     
  44. mochammad masmuhazir

    Februari 23, 2014 at 4:27 pm

    sip mbak,,ayo psikolog uin malang hhe

     
  45. bmagnae

    Maret 24, 2014 at 10:33 am

    apa bisa msk pskologi tapi orgnya kurang bisa bicara di depan umum?

    mama aku kurang suka kalau aku masuk psikologi, pengennya jadi dokter, aku harus gimana? bisa tolong kasih saran? :(

     
    • Wrestirw

      Mei 5, 2014 at 2:57 am

      sebenernya kemampuan komunikasi didepan umum ga hanya dibutuhin di jurusan psikologi, tapi semua jurusan dimana lu pingin membangun kepribadian dan keluar dari zona nyaman. di kedokteran kita jg dituntut utk bs membangun komunikasi dg banyak pasien misal pas ngasih penyuluhan. jiwa sosial lu emang diuji, mustinya bs pny empati yang gede jg. kuncinya sih menurut gua ada dibidang manakah minat dan passion yg lu punya, hehe

       
  46. Nurasmah wasyifa

    Mei 7, 2014 at 7:09 am

    bismillahiraohman nirrohim tahun 2014 psikologi UGM aamin

     
  47. yhullie

    Mei 17, 2014 at 10:56 am

    kalo soal pelajarannya susah atau gampang si atau gampang gampang susah
    mau masuk psikologi cuma ragu sama pelajarannya
    dan aku paling anti sama matematika , apa dipsikologi ada matematikanya juga?
    makasih :)

     
  48. ida rohyani

    Mei 31, 2014 at 1:42 am

    aku mau tanya.. aku mau masuk jurusan psikologi tahun depan,, aku sosial media yang lain katanya yang jadi psikolog pendidikan dll, harus S2?
    emang bener?
    trs kalo yang S1 peluangnya gimana?

     
  49. niam

    Juni 28, 2014 at 5:52 am

    di psikologi ada statistik,saya darimtulungagung

     
  50. 에드리

    September 3, 2014 at 10:59 pm

    Kalo kata ortu aku kuliah psikologi buat aku itu merepotkan, selain jarang ada beasiswa, aku yg skrg masih siswi SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan katanya juga ga pantes kalo lulus nanti masuk psikologi, pindah bidangnya jauh banget, gitu katanya ._.

     

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

