RSS

Peluang Kerja bagi Lulusan Psikologi

28 Jan

Kebanyakan orang kalo ditanya habis kuliah mau apa, pasti jawabannya cari kerja, karena kalo kita berpikir realistis bahwa hidup itu penuh dengan kebutuhan dan sebagian besar kebutuhan fisik dapat terpenuhi bila punya penghasilan.

Trus kalo kayak aku calon lulusan psikologi besok kerjanya apa ya..itu yang jadi pertanyaan di kepalaku ketika aku masih semester 1. Dulu, aku cuma berpikir ya jadi psikolog, udah.

Beberapa waktu yang lalu temenku (sekarang kelas 3 SMA), dia tuh pengen banget kuliah di psikologi tapi ortunya gak setuju. Ortunya bilang, “mau jadi apa kamu kalo kuliah di psikologi, cari kerja susah, peluang kerja sedikit”. Ada lagi sewaktu aku berbincang-bincang dengan ibu, curhat2an gitu, trus terceletuk, “tuh anak temen2nya ibu, lulusan psikologi banyak, masih nganggur semua”. He2.

Nah, dari apa yang sudah aku critain di atas, mungkin terbersit di hatimu, lha trus gimana dong?padahal aku dah berencana masuk psikologi?atau waduh, aku udah terlanjur kuliah di psikologi udah semester atas lagi..!!!

Eits, jangan bergundah gulana dulu..

Perlu diketahui..psikologi tuh peluang kerjanya gedhe lho..

Percaya gak? Harus!he2.

Mungkin orang awam punya anggapan demikian karena belum banyak orang tau apa itu psikologi, siapa itu psikolog, apa peran psikolog dan sebagainya. Itu salah satu alasan orang2 berkata seperti yang di atas.

Dunia berputar, hidup pun demikian, manusia berkembang, sama halnya dengan ilmu. Dengan berjalannya waktu, psikologi semakin dikenal di Indonesia dan diakui keberadaannya. Contohnya, Kak Seto seorang pemerhati anak, beliau seorang psikolog, dan sekarang sedang banyak bermunculan masalah tentang perkembangan anak dan masih banyak lagi. Kasus-kasus perceraian, perkawinan, KDRT, mundurnya kualitas moral, perkembangan remaja, penyimpangan sikap dan kepribadian, semua membutuhkan peran seorang psikolog. Ilmu psikologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku dan pikiran manusia sehingga dapat disimpulkan bahwa selama masih ada tingkah laku manusia, psikologi gak ada matinya,he2..sebab objek psikologi adalah manusia itu sendiri.

Waktu ada penerimaan PNS tahun 2009 lalu, di Provinsi Jateng membutuhkan Psikolog Klinis dan assesor. Hal itu menambah pengetahuanku kalo emang psikolog memang dibutuhkan.

Bagi kamu yang demen sama hal-hal yang berbau klinis bisa jadi psikolog klinis, bekerja di rumah sakit umum maupun jiwa. Sedangkan yang suka bekerja di industri bisa jadi HRD atau bagian personalia, ingat bahwa tiap industri membutuhkan posisi itu. Nah, yang pengen jadi dosen bisa juga lho..sekarang banyak universitas yang membuka fakultas atau prodi psikologi, hal ini semakin memperjelas bahwa profesi psikolog memang sangat dibutuhkan! Yang lain misalnya jadi konselor di berbagai bidang seperti agama, olahraga, perkawinan. Psikolog juga bisa jadi terapis, membuka jasa2 psikologi, bahkan kuliah di psikologi tuh bisa dagang,hehe…kan dapet makul psiko konsumen,hehe..Ada juga yang jadi pekerja sosial atau psikolog yang fokus di bidang musik, perkembangan anak, psikogeratri, kelompok dan massa, jadi psikolog di bidang hukum, forensik,di suatu komunitas, banyak deh pokoknya.

Memang gak kayak di luar negri, di Indonesia belum terlalu tampak perkembangan yang signifikan. Kalo di luar negri tuh dah banyak kongres-kongres internasional yang mengupas tentang kasus maupun ilmu psikologi, salah satunya di Ausie. Banyak bahasan mengenai psikologi, klo di luar negri rasanya udah mendarah daging, kayak di film pendek Mr. Bean’s Plant Man disitu reporternya juga ngomong tentang hal2 psikologis,he2.

Jadi, gak usah ragu lagi..optimis aja..dengan berbagai ilmu yang kita dapet di psikologi yang sangat amat aplikatif juga membantu kita jadi lebih dewasa, buktinya?saya!he2. Banyak kok yang bisa kita dapatkan, seperti pemecahan masalah, pengambilan keputusan, kepribadian, persepsi, agresi, pendidikan, perkembangan sesuai usia, kasus homoseksual, alter ego, fedofil, stress, depresi, skizofrenia, negosiasi, win-win solution dan masih banyak lagi.

Kalo masih ada temen, saudara, atau mungkin ortu yang meragukan kamu masuk psikologi, sekarang bisa kamu jelaskan bukan?

Bagi kita2 yang udah kuliah di psikologi, bagian kita adalah kuliah serius, bangun relasi, temukan ide2 baru, penemuan2 yang yahud, sumbangkan prestasi supaya psikologi Indonesia semakin maju n go internasional, wuih!

Caranya ya rajin2 diskusi, tukar pikiran, baca buku (sekarang banyak buku tentang psikologi yang sip2 misalnya psikologi populer), ikut pekan ilmiah trus menang PIMNAS,he2..

Akhir kata, gak ada alasan buat ragu..jangan menyerah..tunjukkan kita hebat!

Psikologi, go…go…go!!!!

 
68 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 28, 2010 in psychology

 

Tag: , , , , , ,

68 responses to “Peluang Kerja bagi Lulusan Psikologi

  1. UCI

    Oktober 16, 2014 at 5:12 am

    halo semuanya.. saya uci lulusan psikologi. pertanyaannya cukup menarik semua yang mana sebenarnya diatas sudah menjelaskan hampir semua jawaban yang dibutuhkan dan kalian bisa cari referensi tentang psikologi di banyak blog. tapi, selama banyak yang bertanya berarti banyak yang tertarik dan saya senang sekali hehe :D

    1. Gimana caranya masuk fakultas psikologi ?
    jawabannya : berdoa sama belajar :) klise sih, tapi nyatanya emang begitu hehe. coba ikut les, belajar buku snmptn, belajar yang giat, nanti ikut snmptn pilih pilihannya fakultas psikologi, kalo udah maksimal belajarnya, berdoanya, 99% pasti lulus :D

    2. Beda psikologi, psikolog, psikiater ?
    jawabannya : psikologi itu ilmunya. nama ilmu yang akan dipelajari. ilmu tentang jiwa. psikolog itu orangnya. orang yang punya ilmu psikologi dan udah menjalankan pendidikan s1 + s2 profesi psikologi. psikiater ? nah psikiater itu nama pekerjaan untuk orang yang menjalankan pendidikan s1 “dokter” dan spesialisasi kejiwaan. bedanya psikolog sama psikiater ? beda banget, psikolog itu s1 psikologi, sedangkan psikiater s1 kedokteran. psikiater karena memang basicnya kedokteran, jadi sebagai psikiater boleh kasih obat untuk penanganan, sedangkan psikolog tidak boleh hanya melalui tes psikologi, terapi dan banyak hal lainnya, selain obat.

    3. Gimana sistem belajar di psikologi ?
    jawabannya : biasanya setelah belajar ilmu dasar selama 6 semester, nanti ada konsentrasi di fakultas psikologi itu sendiri. semacam jurusan lah atau peminatan. nanti minat dimana jadi kamu belajar dikonsentrasikan ke peminatan itu. ada apa aja ? biasanya ada psikologi klinis, industri organisasi, pendidikan perkembangan, sosial, lingkungan, dan psikometri.

    4. Lahan pekerjaannya gimana ?
    jawabannya : untuk lulusan s1 biasanya hanya sebatas staff HRD (dasarnya saya psikologi industri organisasi), biasanya ngetes orang dalam proses rekrutmen, atau membantu mengurusi training karyawan. untuk peminatan klinis, bisa kerja dirumah sakit nanti bantu psikolog klinis sebagai cotester atau observer. rumah sakit manapun, termasuk rs jiwa. untuk s2 malah lebih enak pekerjaannya loh karena ilmunya juga lebih banyak kan :D banyak lahan pekerjaannya jadi jangan takut ;) dosen salah satunya !

    5. Aku orangnya pemalu, bisa ngga di psikologi ?
    jawabannya : aku punya temen dan dia sangat-sangat pendiam. bener-bener keringetan kalo disuruh presentasi atau gemetaran malah sampe pernah jatuh saking deg-degan pas lagi presentasi. tapi pada dasarnya psikologi mempelajari tentang jiwa dan manusia, tentu aja hal itu malah bisa jadi hal positif buat kita. kebanyakan sih orang psikologi ngomong : “benerin diri sendiri dulu baru orang lain”. gitu, malah sekarang temenku jadi trainer dan pergi kemana mana loh dan training karyawan sampe beribu ribu dan so pasti ngga grogi ;)

    frequently asked question sudah aku jawab beberapa, semoga membuka pikiran dan makin termotivasi untuk masuk psikologi ya. semangaaat ! :D

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: