RSS

Hipnosis

04 Feb

Sekarang, salah satu yang jadi perhatian orang banyak di televisi yaitu acara2 orang yang diajak komunikasi trus disenggol tiba2 cliiiingggg…..tidur lah tu orang!he2. Kalo dah gitu, si orang diberi perintah untuk melakukan sesuatu setelah ia bangun dari tidurnya. Nah, anehnya tu orang mau2 aja disuruh melakukan perintah ma kata2 pelaku, yang tak jarang melakukan hal2 aneh atau mengakui segala kebenaran yang ada pada dirinya, *halah*.he2.

Ternyata tidak itu saja, kejahatan pun bisa pakai teknik yang begituan, yang paling sederhana diajak salaman, trus kalo pengakuan si korban sih dia gak sadar..tiba2 udah ilang deh harta benda si empunya.

Dari kedua peristiwa itu, yang terjadi adalah hipnosis.

Hipnosis sendiri dapat dibagi menjadi heterohipnosis (hipnosis yang dilakukan oleh orang lain) dan self hipnosis (hipnosis yang dilakukan oleh diri sendiri).

Ada beberapa tokoh terkenal yang menghiasi sejarah dunia hipnosis, antara lain.

  1. Franz Anton Mesmer, pada zaman tokoh ini hipnosis lebih dikenal dengan magnetisme. Menurutnya, faktor penting pada hipnosis yaitu: iringan musik, tata ruang, keterbukaan pasien untuk dihipnosis.
  2. Marquis de Puysegur, tokoh ini mengembangkan mesmerisme (disebut demikian karena dia pengikut FA Mesmer) pada eksperimen. Puysegur memperkenalkan konsep baru di antaranya katalepsi, anestesia, amnesia, halusinasi positif dan halusinasi negatif.
  3. Emile Coue, tokoh yang ini dipandang sebagai Bapak Positif Thinking. dia memperkenalkan kekuatan sugesti diri, imajinasi dan tentunya pikiran positif.

Para ahli hipnotis kebanyakan mengidolakan Sigmund Freud, dalam setiap praktek hipnosis biasanya disebutkan “masuki alam bawah sadar (ketidaksadaran) anda lebih dalam dan lebih dalam lagi..” kalau dicocokan dengan teori terkenal dari Freud yang menyebutkan manusia itu terdiri dari das es, ego dan super ego. Segala pikiran manusia yang tidak bisa diungkapkan pada kehidupan nyata atau kesadaran akan memasuki alam ketidaksadarannya. Bagian ketidaksadaran ini memiliki kawasan yang paling luas. Ketiganya digambarkan seperti gunung es.

Ketidaksadaran merupakan tempat penyimpanan ingatan, biasanya masa lalu, baik yang menyenangkan maupun peristiwa traumatis. Juga sumber mimpi selama tidur, dan wilayah emosi dan perasaan.

Jenis-jenis hipnosis:

  1. Stage hipnosis, untuk hiburan publik seperti acara2 di televisi.
  2. Hipnosis diri, untuk mensugesti diri sendiri dengan tujuan pengembangan diri.
  3. Hipnosis forensik, untuk merangkai kembali ingatan2 korban kejahatan atau saksi persidangan.
  4. Hipnosis eksperimental, untuk penelitian eksperimental.
  5. Hipnoterapi, untuk penyembuhan gangguan psikologis, menjadi dasar dari berbagai terapi psikologis.

Trus, proses hipnosis memiliki tahapan2 seperti berikut.

  1. seperti assesment, hipnosis juga diawali dengan pembangunan rapport supaya yang dihipnosis menjadi nyaman.
  2. konsentrasi, supaya perhatian memusat pada pelaku hipnosis.
  3. relaksasi, contohnya meminta untuk menarik nafas.
  4. induksi, mengantar dari sadar menjadi tidur, misalnya: membuat bingung, mengagetkan atau berjabat tangan.
  5. trans, tidur di proses hipnosis (ringan, medium, dalam)
  6. bangun

Fakta penting yang perlu diketahui yaitu orang akan terhipnosis jika mau menghipnosis dirinya sendiri sehingga orang tidak akan terhipnotis jika dalam diri orang tersebut menolak sugesti-sugesti yang dikatakan oleh pelaku hipnotis, jadi tidak semua orang dapat dihipnosis. Biasanya orang yang tidak bisa dihipnosis adalah orang yang terlalu ingin dihipnosis , orang yang mudah gugup, dan orang yang tidak percaya pada hipnosis. Kenapa? karena pada kedua sifat tersebut alam sadarnya lebih menguasai ketika orang itu dicoba untuk dihipnosis, pada proses hipnosis orang tersebut cenderung memikirkan apakah dia sudah atau belum terhipnotis.

Lalu, orang yang terhipnotis biasanya memberikan respon2 lembut. Jadi perlu diragukan bila ada orang yang sudah posisi trans/ terhipnotis tapi ketika ditanya menjawab dengan anggukan kasar seperti ketika sadar.

Hipnosis banyak manfaatnya, di dunia medis maupun psikologis. Saat ini sedang banyak berkembang hipnosis diri untuk mengembangkan potensi diri, supaya hidup lebih baik dan berpikir positif dari hari ke hari. Ada ide, kan banyak kasus di negeri ini yang belum bisa terpecahkan..nah, gimana ya kalo saksi2 atau yang diduga jadi tersangka tu dihpnosis dulu,he2…kan gak mungkin bohong?! he2.. gak tau deh boleh gak yaa..

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada Februari 4, 2010 in psychology

 

Tag: , , , , , ,

4 responses to “Hipnosis

  1. mobil88

    Februari 4, 2010 at 9:50 am

    blog yang bagus dan informatif…sukses untuk Anda
    http://mobil88.wordpress.com🙂

     
    • bersukacitalah

      Februari 9, 2010 at 9:56 am

      terima kasih..semoga bisa jadi berkat dan bermanfaat,he2.

       
  2. Wahyu Budi Utomo

    Maret 30, 2010 at 2:07 am

    hipnotis itu menyenangkan….

     
  3. niam

    Juni 28, 2014 at 6:01 am

    salam hipnotis dan hipnotrapi,ttd dari tulungagung jawa timur

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: